Decartes memulai sebuah dalil bahwa semua orang
memiliki akal sehat sehingga semua orang tidak bisa menolak sebuah argumentasi
yang didasarkan pada akal sehat.
Untuk mencapai
penalaran yang benar, maka Decartes kemudian merumuskan langkah-langkah yang
dianggapnya dapat diikuti. Langkah tersebut didasarkan pada dalil “cogito ergo sum” sebagai rumusan tentang
metode rasionalisme yang paling jelas.
Dengan empat prinsip
(meragukan, merinci, mengurutkan, dan mengecek) dapat dianggap sebagai metode
awal untuk mengembangkan rasionalisme ratusan tahun kemudian. Metode yang
meanfaatkan akal sehat tersebut memberikan landasan penting untuk istilah
“objektivitas”.
Bila direfleksikan terhadap metode
yang digunakan dalam praktek pembelajaran, guru diminta dapat menerapkan
langkah yang disebut sebagai langkah ilmiah, yakni pendekatan ilmiah.
Pendekatan ilmiah dapat dirumuskan sebagai berikut: mengamati, menanya,
mengasosiasi, mencoba, mengomunikasi. Langkah yang sebagaimana diterangkang di
dalam Kurikulum 2013 merupakan penjabaran tentang rasionalisme.
Sumber: Saifur Rohman,Agus Wibowo.2016.
Filsafat
Pendidikan Masa Depan.Pustaka Pelajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar