kurikulum merupakan
salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan,sebab
dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai
sehingga memperjelas arah pendidikan,akan tetapi juga memberikan pemahaman
tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki setiap siswa.oleh karna itu
pentingnya fungsi dan peran kurikulum,maka setiap pengembangan kurikulum pada
jenjang manapun harus berdasarkan pada asas-asas tertentu.
Fungsi asas
atau landasan pengembangan kurikulum adalah seperti fondasi sebuah bangunan.apa
yang akan terjadi seandainya sebuah gedung yang menjulang tinggi berdiri di
atas fondasi yang rapuh? Ya,tentu saja bangunan itu tidak akan tahan lama.oleh
sebab itu,sebelum sebuah gedung dibangun,terlebih dahulu disusun fondasi yang
kukuh.semakin kukuh fondasi sebuah gedung,maka akn semakin kukuh pula gedung
tersebut.
Pengembangan
kurikulum pada hakikatnya adalah proses penyususnan rencana tentang isi dan
bahan pelajaran yang harus dipelajari serta bagaimana cara mempelajarinya.namun
demikian,persoalan mengembangkan isi dan bahan pelajaran serta bagaimana cara
beajar siswa bukanlah suatu proses sederhana,sebab menentukan isi atau muatan
kurikulum harus berangkat dari visi,misi,serta tujuan yang ingin
dicapai,sedangkan menetukan tujuan erat kaitannya dengan persoalan sistem nilai
dan kebutuhan masyarakat.persoalan inilah yang kemudian membawa kita pada
persoalan menentukan hal-hal yang mendasar dalam proses pengembangan kurikulum
yang kemudian kita namakan asas-asas atau landasan pengembangan kurikulum.
Seller
meandang bahwa pengembangan kurikulum harus dimulai dari menentukan orientasi
kurikulum,yakni kebijakan-kebijakan umum,misalnya arah dan tujuan
pendidikan,pandangan tentang hakikat belajar dan hakikat anak didik,pandangan
tentang keberhasilan implementasi kurikulum,dan lain sebagainya.
Mengacu
pada proses pengembangan kurikulum sebagai siklus seperti yang dikemukakan
seller diatas,maka tampak bahwa pengembangan kurikulum itu pada hakikatnya
adalah pengembangan komponen-komponen yang membentuk kurikulum itu sendiri
serta pengembangan komponen pembelajaran sebagai implementasi kurikulum.dengan
demikian,maka pengembangan kurikulum memiliki dua sisi yang sama
pentingnya,yaitu sisi kurikulum sebagai pedoman yang kemudian membentuk
kurikulum tertulis dan sisi kurikulum sebagai implementasi yang tidak lain
adalah sistem pembelajaran.
Sanjaya,wina.
2010. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta :
Kharisma Putra Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar