Rabu, 21 Desember 2016

HAKIKAT PENGEMBANGAN KURIKULUM



kurikulum  merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan,sebab dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai sehingga memperjelas arah pendidikan,akan tetapi juga memberikan pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki setiap siswa.oleh karna itu pentingnya fungsi dan peran kurikulum,maka setiap pengembangan kurikulum pada jenjang manapun harus berdasarkan pada asas-asas tertentu.
            Fungsi asas atau landasan pengembangan kurikulum adalah seperti fondasi sebuah bangunan.apa yang akan terjadi seandainya sebuah gedung yang menjulang tinggi berdiri di atas fondasi yang rapuh? Ya,tentu saja bangunan itu tidak akan tahan lama.oleh sebab itu,sebelum sebuah gedung dibangun,terlebih dahulu disusun fondasi yang kukuh.semakin kukuh fondasi sebuah gedung,maka akn semakin kukuh pula gedung tersebut.
            Pengembangan kurikulum pada hakikatnya adalah proses penyususnan rencana tentang isi dan bahan pelajaran yang harus dipelajari serta bagaimana cara mempelajarinya.namun demikian,persoalan mengembangkan isi dan bahan pelajaran serta bagaimana cara beajar siswa bukanlah suatu proses sederhana,sebab menentukan isi atau muatan kurikulum harus berangkat dari visi,misi,serta tujuan yang ingin dicapai,sedangkan menetukan tujuan erat kaitannya dengan persoalan sistem nilai dan kebutuhan masyarakat.persoalan inilah yang kemudian membawa kita pada persoalan menentukan hal-hal yang mendasar dalam proses pengembangan kurikulum yang kemudian kita namakan asas-asas atau landasan pengembangan kurikulum.
            Seller meandang bahwa pengembangan kurikulum harus dimulai dari menentukan orientasi kurikulum,yakni kebijakan-kebijakan umum,misalnya arah dan tujuan pendidikan,pandangan tentang hakikat belajar dan hakikat anak didik,pandangan tentang keberhasilan implementasi kurikulum,dan lain sebagainya.
            Mengacu pada proses pengembangan kurikulum sebagai siklus seperti yang dikemukakan seller diatas,maka tampak bahwa pengembangan kurikulum itu pada hakikatnya adalah pengembangan komponen-komponen yang membentuk kurikulum itu sendiri serta pengembangan komponen pembelajaran sebagai implementasi kurikulum.dengan demikian,maka pengembangan kurikulum memiliki dua sisi yang sama pentingnya,yaitu sisi kurikulum sebagai pedoman yang kemudian membentuk kurikulum tertulis dan sisi kurikulum sebagai implementasi yang tidak lain adalah sistem pembelajaran.






Sanjaya,wina. 2010. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta :  Kharisma Putra Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar