agarkurikulum dapat berfungsi sebagai pedoman,maka ada
sejumlah prinsip dalam proses pengembangan nya.dibwah ini akan diuraikan
sejumlah prinsip yang di anggap penting.
1.
Prinsip
relevansi
Kurikulum
merupakan rel-nya pendidikan untuk membawa siswa agar dapat hidup sesuai dengan
nilai-nilai yang ada dimasyarakat serta membekali siswa baik dalam bidang
pengetahuan,sikap maupun keterampilan sesuai dengan tuntutan diharapkan
masyarakat.oleh sebab itu,pengalaman-pengalaman belajar yang disusun dalam
kurikulum harus relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Ada
dua macam relevansi,yaitu relevansi internal dan relevansi eksternal.Relevansi
internal adalah bahwa setiap kurikulum harus memiliki keserasian antara
komponen-komponennya,yaitu keserasian antara tujuan yang harus
dicapai,isi,materi,aau pengalaman belajar yang harus dimiliki siswa.strtegi
atau metode yang digunakan sebagai alat penilaian untuk melihat ketercapaian
tujuan.relevansi internal ini menunjukan keutuhan suatu kurikulum.
Relevansi
eksternal berkaitan dengan keserasian antra tujuan,isi,dan proses belajar siswa
yng tercakup dalam kurikulum dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
2.
Prinsip
fleksibilitas
Kurikulum
harus bersifat lentur atau fleksibel artinya,kurikulum itu harus bisa
dilaksanakan sesuai kondisi yang ada.kurikulum yang kaku atau tidak fleksibel
akan sulit diterapkan.
Prinsip
fleksibilitas memiliki dua sisi yan pertama,fleksibel bgi guru,artinya
kurikulum harus memberikan ruang gerak bagi guru untuk mengembangkan program
pengajarannya sesuai dengan kondisi yang ada.yang kedua fleksibel bagi
siswa,artinya kurikulum harus menyediakan berbagai kemungkinan program pilihan
sesuai dengan bakat dan inat siswa.
3.
Prinsip
kontinuitas
Prinsip
ini mengandung pengertian bahwa perlu dijaga saling keterkaitan dan
kesinambungan aantara materi pelajaran pada berbagai jenjang dan jenis program
pendidikan.
4. Efektivitas
Prinsip
efektivitas berkenaan dengan rencana dalam suatu kurikulum dapat dilaksanakan
dan dapat dicapai dalam kegiatan belajar mengajar.efektivitas kegiatan guru
berhubungan dengan keberhailan mengimplementasikan program sesuai dengan
perencanaan yang telah disusun.efektivitas kegiatan siswa berhubungan dengan
sejauh mana siswa dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan sesuai dengan
jangka waktu tertentu.
5. Efisisensi
Prinsip
efisiensi berhubungan dengan perbandingan antara tenaga,waktu,suara,dan biaya
yang dikeluarkan dengan hasil yang diperoleh.
Arifin,
zaenal. 2013. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung : PT. Remaja
Rosmadakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar